Jumat, 26 Oktober 2018

Data Beras BPS Diperbarui

Data Beras Nasional saat ini memiliki data yang akurat dan bisa dipertanggung jawabkan. Hal ini berdasarkan publikasi badan pusat statistik mengenai data beras nasional yang dihitung berdasarkan luas sawah, dan proyeksi gabah yang akan dihasilkan dari sawah tersebut.
Data Beras
Data Beras

Badan pusat statistk bekerja sama dengan sejumlah instansi terkait guna melakukan validasi dan menghitung luas sawah di seluruh perlosok Indonesia untuk mendapatkan data beras yang dapat dipertanggung jawabkan. Data beras tersebut nantinya akan sangat bermanfaat bagi pengmabil keputusan dan kebijakan di Pemerintah Pusat. Kebijakan tersebut nantinya akan mempengaruhi keputusan untuk melakukan atau tidaknya impor, mengatur harga pangan, dan mengontrol ketahanan nasional.

Badan Pusat Statistik melakukan penghitungan dengan dua cara yakni melihat cira satelit luas sawah di seluruh pelosok Indonesia dan yang kedua melakukan kunjungan langsung kelapangan untuk melakukan pengukuran luas sawah yang nantinya bisa diperkirakan kapan waktu panen dan produksi beras yang dihasilkannya. Sebelumnya, penghitungan luas sawah hanya dilakukan dengan kunjungan lapangan dan dilakukan dengan cara yang subjektif sehingga data yang dihasilkan tidak tepat sasaran dan berakibat buruk pada kebijakan pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar