Jumat, 26 Oktober 2018

Kenaikan Utang Era Jokowi

Kenaikan Utang dua tahun terakhir yakni pada tahun 2015 sampai 2017 masa kepemerintahan Presiden Joko Widodo - JK telah mencapai angka 1.392 Triliun Rupiah. Namun Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan bahwa utang sebanyak itu dapat dipertanggung jawabkan dan memberikan manfaat yang positif bagi perekonomian Nasional.
Kenaikan Utang
Kenaikan Utang

Salah satu dampak positifnya adalah dengan gencarnya pembangunan infrastruktur hampir diseluruh pelosok Negeri, selain itu, bantuan dana sosial dan Dana Desa juga berasal dari utang tersebut. meskipun pada periode tahun 2014 masa pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono jauh lebih kecil jumlah utang yang dihasilkan yakni hanya sekitar 799 triliun rupiah saja.

Manfaat yang nyata menurut Sri Mulyani Indrawati saat jumpa pers empat tahun kerja pemerintahan presiden joko widodo dan jusuf kalla adalah mengecilnya persentase masyarakat yang berada pada taraf kemiskinan di era kepemimpinan presiden joko Widodo. Selain itu, beragam penggunaan utang yang bersifat produtif yajkni untuk program pendidikan, infrastruktur, program kesehatan dan juga perlindungan sosial masyarakat Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar