Jumat, 26 Oktober 2018

Pertamina Selamatkan Cadangan Devisa

Cadangan Devisa Negara saat ini dinilai cukup mengkhawatirkan mengingat nilai tukar rupiah yang semakin melemah terhadap dolar Amerika Serikat. Naiknya mata uang dolar Amerika Serikat diakibatkan karena mengamuknya perekonomian Negeri Paman Sam tersebut.
Cadangan Devisa
Cadangan Devisa

Untuk Mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah berupaya untuk menekan impor dengan cara membeli produk lokal dalam negeri, menunfda kunjungan wisata keluar negeri, dan melepas mata uang dolar bagi masyarakat Indonesia. Salah satu upaya tersebut dicerminkan oleh PT Pertamina (Persero) dengan cara melakukan transaksi jual beli migas menggunakan mata uang rupiah. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menekan penggunaan cadangan devisa negara.

PT Pertamina (Persero) juga berupaya menekan impor migas dengan cara mengajukan kerjasama jual beli migas dengan kontraktor lokal untuk mensuplai minyak ke Pertamina (Persero). Hal ini tentunya cukup membantu pemerintah untuk menghemat cadangan devisa negara. Dua kontraktor Lokal dalam negeri telah menyetujui untuk menjual produk migasnya ke Pertamina. Adapun transaksi migas luar negeri, pertamina saat ini melakukan transaksi migasnya menggunakan mata uang rupiah dengan petronas, sedangkan kontraktor lainnya sedang dalam tahap komunikasi yang intensif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar